Jumat, 07 Oktober 2011

Insomnia Bisa Menular?

INSOMNIA atau kesulitan tidur merupakan suatu kondisi psikologi yang menular. Para ilmuwan Kanada telah memutuskan bahwa insomnia dapat ditularkan dari satu anggota kepada keluarga yang lain.

Para peneliti dari Sekolah Psikologi di Laval University telah menemukan. bahwa kemungkinan "menderita" gangguan tidur adalah 37 persen. Para peneliti menganalisis perilaku 3485 orang. Sebagian dari mereka ditanya, apakah mereka tidur dengan baik, atau jika ada masalah dengan tidur di antara anggota keluarga.

40 persen dari responden mengakui, bahwa setidaknya terdapat satu orang menderita insomnia dalam keluarga mereka. Di antara responden, 76 persen memiliki satu saudara, 21 persen dari mereka memiliki dua orang saudara, dan 3 persen dari responden memiliki tiga saudara. Demikian dikutip dari Genius Beauty, Kamis (6/10/2011).

Risiko insomnia berkembang tergantung pada jumlah anggota keluarga yang sudah mengalaminya. Para ilmuwan belum menemukan pengaruh faktor genetik pada sifat menular dari insomnia. Mungkin, semuanya berada dalam disposisi tidur dengan kondisi gelisah dan kecemasan.

(okezone)