Jumat, 15 Juli 2011

Konsultasikan Hasil Radiologi Anda Secara Virtual

SEIRING dengan kemajuan zaman dan teknologi, kini periksa kesehatan baik general maupun detail, sudah bisa dilakukan melalui dunia maya. Lewat Advantcare, Anda bisa berkonsultasi mengenai kesehatan dengan dokter dalam negeri maupun luar negeri.

Kendati bisa mendapat informasi kesehatan kepada dokter spesialis melalui virtual, namun sesi ini hanya berupa konsultasi.


"Basicly Advantcare hanya purely konsultasi, memberi second opinion. Karena dengan begitu dapat tahu apa yang harus dilakukan. Hal-hal seperti itu bisa dijadikan referensi. Tidak kasih pengobatan, tapi rujukan. Bukan hanya medis, tapi nonmedis," kata Gaby Suhairy, Direktur Advantcare Indonesia saat media gathering Advantcare di Halimun Medical Centre, Jakarta, Rabu (13/7/2011).

Tak hanya di Indonesia, pasien dapat berkonsultasi dengan spesialis di Singapura dan Malaysia. Selain itu, pasien juga dapat menyusun jadwal evaluasi pemeriksaan dari maupun ke Indonesia, Malaysia, serta negara-negara lain yang menjadi rekanan dari Advantcare.

"Saat ini panel bersinergi dengan Advantcare ialah Jakarta, Singapura, Malaysia, India, dan lainnya. Kami harap ke depannya dapat bekerja sama dengan rumah sakit-rumah sakit besar di Jakarta," papar Gaby.

Lantas, konsultasi kesehatan apa saja yang dapat dilakukan?

"Di bidang penyakit dalam, penyakit kebidanan, kardiologi, neorologi (saraf), di bidang anak, lambung (pencernaan)," jelas Gaby saat berbincang dengan okezone dan Sindo.

Lebih lanjut Gaby menuturkan, konsultasi yang dilakukan harus membawa hasil radiologi.

"Fungsinya paling ideal untuk banyak kasus, tapi ada hasil radiologinya. Seperti ortopedi dan jantung," tutupnya.

Terdiri dari tiga produk, yaitu e-MobileHealth, e-Specialist, dan e-Conference, Advantcare bekerja sama dengan RIM/BlackBerry yang memungkinan layanan virtual kesehatan ini dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

Melalui e-specialist, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter. Seperti layaknya komunikasi digital yang sekarang semakin marak, konsultasi pun bisa dibuat digital. Dengan Advantcare, sesi konsultasi ini bisa dilakukan dengan dokter spesialis di luar kota maupun luar negeri secara live tanpa harus bepergian.

Adapun konsultasi virtual yang dilakukan melibatkan tiga pihak antara pasien yang akan didampingi oleh dokter dengan dokter spesialis. Namun, untuk sesi ini pasien dikenakan biaya konsultasi.

"Untuk biaya di Jakarta atau Surabaya atau Bandung berkisar antara Rp700-Rp800 ribu. Sementara untuk dokter Singapura Rp1,2-Rp1,8 juta," tandas Gaby.