Rabu, 19 Oktober 2011

Gambapentin atasi Restless Leg Syndrome

Gabapentin digunakan untuk membantu mengendalikan kejang-kejang dalam pengobatan epilepsi. Obat ini tidak dapat menyembuhkan epilepsi dan hanya akan berfungsi mengontrol kejang selama tetap diminum.

Gabapentin juga digunakan pada orang dewasa untuk mengelola kondisi yang disebut postherpetic neuralgia, nyeri yang terjadi setelah 'herpes zoster'.

Tablet Gabapentin extended-release juga digunakan untuk mengobati kondisi yang disebut Restless Legs Syndrome (RLS). RLS merupakan gangguan neurologis yang mempengaruhi sensasi dan gerakan di kaki sehingga kaki merasa tidak nyaman. Hal ini menghasilkan perasaan yang tak tertahankan ingin menggerakkan kaki agar merasa nyaman.

Gabapentin adalah suatu antikonvulsan atau anti kejang. Obat ini meningkatkan jumlah bahan kimia yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA) di otak. Beberapa serangan epilepsi terjadi ketika GABA di dalam otak berada dalam tingkat yang rendah. Dengan meningkatkan jumlah GABA, gabapentin mengurangi jumlah kejang.

Gabapentin juga bekerja untuk menghilangkan rasa sakit untuk kondisi tertentu dalam sistem saraf. Obat ini tidak digunakan untuk nyeri yang disebabkan oleh cedera ringan atau arthritis. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter. Produk ini tersedia dalam bentuk sediaan Kapsul, Tablet, dan Larutan

Dosis

Untuk epilepsi:

1. Dewasa dan remaja usia 12 tahun ke atas: Pada awalny, 300 mg tiga kali per hari. Dokter dapat menyesuaikan dosis yang diperlukan. Namun, dosis biasanya tidak lebih dari 1800 mg per hari.

2. Anak-anak 3 sampai 12 tahun : Dosis didasarkan pada berat badan dan harus ditentukan oleh dokter. Dosis awal adalah 10 sampai 15 mg per kg berat badan per hari, dibagi menjadi tiga dosis. Dokter dapat menyesuaikan dosis yang diperlukan. Dosis umum untuk anak-anak 5 tahun ke atas adalah 25 sampai 35 mg per kg berat badan per hari, dibagi menjadi tiga dosis. Dosis umum untuk anak-anak 3 dan 4 tahun adalah 40 mg per kg berat badan per hari, dibagi menjadi tiga dosis.

3. Anak-anak kurang dari usia 3 tahun : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter.

Untuk postherpetic neuralgia:

1. Dewasa : Pada awalnya, 300 mg diambil sebagai dosis tunggal pada hari ke-1. Pada hari ke-2, 300 mg dua kali per hari. Pada hari ke-3, 300 mg tiga kali per hari. Dokter dapat menyesuaikan dosis yang diperlukan. Namun, dosis biasanya tidak lebih dari 1800 mg per hari.

2. Anak : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Untuk Restless Legs Syndrome:

1. Dewasa : 600 mg sekali sehari untuk diminum bersama pada makanan pagi hari. Dokter dapat menyesuaikan dosis yang diperlukan. Namun, dosis biasanya tidak lebih dari 1200 mg per hari.

2. Anak : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Efek Samping


  1. Penglihatan kabur
  2. Gejala flu
  3. Delusi
  4. Pikun
  5. Suara serak
  6. Kurangnya atau hilangnya kekuatan
  7. Tulang belakang nyeri
  8. Pembengkakan pada tangan, atau kaki bagian bawah
  9. Gemetar atau bergetar

Sumber: detikhealth